10 Tips Komunikasi yang Efektif kepada Pelanggan
Anda
Ponijan Liaw dalam bukunya “Talk To Your Customer
This Way” menyampaikan ada 10 cara untuk mempengaruhi customer melalui seni
berkomunikasi. Komunikasi disini bukan hanya sekedar menyampaikan informasi
tanpa memperhatikan perasaan orang lain, tapi komunikasi yang diberi muatan
khusus akan sasaran / target yg ingin dicapai. Berikut adalah kesepuluh cara
tersebut:
1. Ciptakan kesan pertama yang bagus
Ciptakan kesan pertama yang luar biasa. Tidak
akan ada kesempatan kedua untuk membuat kesan pertama. Kesan ini dapat
diciptakan melalui senyuman tulus, busana yang sesuai, jabat tangan yang
hangat, ketepatan waktu janji, bahasa tubuh yang sopan, jujur dan terstruktur
saat bicara, dan sejenisnya.
2. Gunakan kalimat yang singkat
Para komunikator tidak dianjurkan untuk
menggunakan kata – kata yang rumit dan panjang supaya tidak mengaburkan
substansi pesan dan juga bisa melelahkan pendengarnya. Bahkan bisa terjadi
kesalahpahaman jika kata – kata yang digunakan terlalu rumit.
3. Keep smile
Senyuman itu menular. Senyuman itu seperti
cermin. Jika Anda tersenyum balasannya pasti juga senyuman.
4. Be helpful
Kesediaan untuk memberikan bantuan yang
dibutuhkan oleh konsumen /pelanggan kapanpun mereka menginginkannya.
5. Gunakan kalimat positif
Konsumen /pelanggan mengharapkan kata –
kata yang positif karena rangkaian kata ini akan membuat pendengarnya
optimis, percaya diri, semangat, inovatif, kreatif, enerjik, bahagia dan
sejenisnya.
6. Bicara dengan antusiasme tinggi
Konsumen / pelanggan tertarik pada kata – yang
diucapkan dengan penuh semangat.
7. Biarkan mata berbicara
Konsumen / pelanggan akan lebih merasa nyaman
bila tatapan mata hormat, bermartabat dan sopan ditampilkan kepada pelanggan.
8. Be sincere
Ketulusan, walaupun tidak bersuara akan terdengar
dan terlihat jelas melalui guratan wajah dan gerak gerik bahasa tubuh.
9. Keep your emotion
Para sales people tidak boleh terpancing emosi
negatif saat ada keluhan / komplain yang diungkapkan secara tidak simpatik oleh
para konsumen. Setiap sales people harus bisa menahan emosi.
10. Jaga attitude anda
Yang lebih penting dan bernilai buat para
konsumen / pelanggan itu bukanlah konstruksi atau dekorasi luar seseorang. Yang
ada di dalam lah yang sejatinya jauh lebih menetukan nilai diri seseorang.
Selanjutnya customer akan senang berkomunikasi
dengan anda.
penulis :
Irwanda Alpirianor
NIM : 143140807111023
penulis :
Irwanda Alpirianor
NIM : 143140807111023
0 komentar:
Posting Komentar