Telah
dijelaskan sebelumnya, bahwa memiliki keterampilan komunikasi bisnis terutama
komunikasi marketing sangat penting untuk perkembangan usaha kedepannya. Tapi
untuk mencapai tujuan tersebut kita harus mampu membangun komunikasi yang baik
agar informasi dapat disampaikan secara tepat.
Untuk
menjadi komunikator yang baik ada beberapa prinsip yang perlu diperhatikan agar
proses komunikasi dapat berjalan secara efektif.
Ada beberapa pertanyan yang perlu
kita jawab yaitu:
Ø Apa tujuan kita berkomunikasi?
Orang berkomunikasi untuk memperoleh hasil yang diharapkan, namun mereka
kadang tidak tahu secara pasti hasil apa yang mereka ingin capai, dan itu
menjadi factor penghambat untuk keberhasilan komunikasi.
Ada 2 cara yang bisa dilakukan untuk mendefinisikan tujuan berkomunikasi,
pertama tentukan apa yang kita inginkan untuk terjadi. Artinya pastikan bahwa
tujuan kita berkomunikasi sudah spesifik, karena bilatujuan kita tidak jelas
maka kita tidak akan selalu siap untuk menyampaikan pesan pada orang lain.
Kedua adalahdengan memperhatikan
apakah tujuan kita harapkan realistis, dalam artian apakah tujuan kita harapkan
memiliki peluan untuk berhasil atau tidak.
Sebagai contoh raftingkasembon malang, mereka ingin memperoleh
pelanggan dua kali lipat dari tahun kemarin. Tujuan itu masih sangat mungkin
terlaksana karena rafting di daerah kasembon memiliki keunikan tersendiri
daripada rafting ditempat lain, hal inilah yang menjadi nilai tambah sekaligus
kunci tujuan tersebut dapat terrealisasikan.
Ø Siapa Audiens?
Setiap pesan yang kita sampaikan, akan memiliki audiens yang potensial.
Seperti yang kita ketahui berkomunikasi dengan setiap orang menyaratkan
pendekatan yang berbeda dan kemungkinan akan mendapatkan hasil yang berbeda
pula.
Oleh karena itu menyampaikan pesan, dengan memilih audiens yang akan
memungkinkan kita untuk menyampaikan persoalan, pendapat, gagasan secara bebas
perlu kita perhatikan agar pesan itu dapat tersampaikan sesuai yang kita
harapkan.
Contoh sederhananya seperti kira-kira siapa orang yang akan dikirimi
pesan/iklan untuk memakai jasa rafting
kasembon agar tujuan utama rafting
kasembon untuk mendapatkan keuntungan dua kali lipat daripada tahun kemarin
dapat terlaksana. Pastinya yang disasar adalah orang yang menyukai olahraga
ekstrim, orang luar daerah yang belum pernah sama sekali mencoba rafting di
daerah kasembon, bias juga organisasi/instansi yang ingin mengadakan family
gatring dll.
Ø Saluran (channel) apa yang paling tepat
Ada beberapa salauran komunikasi baik secara lisan maupun tertulis yang
dapat digunakan untuk menyampaikan pesan-pesan yang diinginkan.
1. Saluran komunikasi pribadi : dua orang atau lebih
berkomunikasi tatap muka, antara seseorang dengan pemirsa, melalui telepon atau
melalui e-mail.
2. Saluran komunikasi
nonpribadi : komunikasi yang diarahkan ke lebih dari satu orang dan
meliputi media, promosi penjualan, acara dan pengalaman, serta hubungan
masyarakat.
Memilih satu dari beberapa salauran komunikasi merupakan masalah yang
serius. Setiap saluran komunikasi memiliki keuntungan sekaligus kerugian.
Post by: Admin(Cindy Prasetyo Ningtias ->143140807111027)
Contact: 085753944997
0 komentar:
Posting Komentar