Dari artikel sebelumnya telah, diketahui secara
pasti bahwa keterampilan komunikasi pemasaran sangat penting untuk mencapai
tujuan organisasi dalam rangka memberikan informasi pada pasar, menanamkan
citra perusahaan dan brand dalam pikiran konsumen yang kita sasar.
Untuk mencapai tujuan tersebut iklan atau informasi
yang disampaikan menggunakan berbagai media. Tapi dalam melakukan pemilihan
media ini kita harus sangat berhati-hati agar hasilnya seperti yang kita
inginkan.
Dalam komunikasi ppemasaran media yang digunakan
terbagi menjadi:
Ø Media Masa, yang terdiri dari media masa elektronik
dan cetak
Ø Media kelompok, yang biasa digunakan pada
kegiatan-kegiatan yang melibatkan kelompok tertentu. Bentuk Media ini
diantaranya adalah video presentasi.
Ø Media Personal, seperti catalog, profil korporat dan
folder.
Manajer
komunikasi pemasaran hendaknya erlu memiliki pengetahuan yang luas mengenai
media yang dapat digunakan sebagai saluran komunikasi bagi kebutuhan promosi.
Dalam pemilihan media, manajer dapat memberikan penilaian media yang efektif
karena media itu berhubungan langsung dengan segmentasi yang dipilih. Efisiensi
penggunaan media dilihat dari sejauh mana media itu dapat menjangkau secara
tepat, frekuensi yang dibutuhkan, dan durasi tayang iklan pada media dengan
intensitas tinggi. Sejauh ini pemasangan iklan masih terpaku pada jenis media
yang sudah umum semisal media elektronik dan media cetak (majalah dan Koran)
Pemilihan
media berkaitan dengan berapa besar biaya yang harus disiapkan. Hal itu
tentunya dilakukan melalui sebuah studi yang matang. Dimana studi yang baik
dilakukan melalui penelitian media atau riset media. Hasil riset media dapat
dijadikan masukan penting untuk membantu kapan sebuah iklan ditayangkan
(eksposure), berapa kali waktu tayang (frequency). Pada media luar ruangan (out
of home media) pemilihan lokasi yang tepat, ukuran, dan bentuk menjadi sebuah
pertimbangan penting selai factor daya tarik pesan dan visual.
Diferensiasi
pesan dan visual dalam kaitannya dengan kegiatan komunikasi pemasaran dikaji
secara komperehensif, sehingga pesan yang disampaikan dapat menarik perhatian
dan menumbuhkan efek yang kuat. Kreatifitas dapat menghasilkan suatu karya yang
menghasilkan karakteristik pesan yang kuat. Tujuan menghasilkan pesan yang kuat
adalah agar pesan yang disampaikan melaui media itu dapat menarik perhatian
khalayak.
Contoh
adalah iklan Ayam Goreng Nelongso. Dilihat dari brandnya saja sudah mengundang
perhatian pembaca dan otomatis akan menarik konsumen untuk dating dan mencicipi
ayam goring khas Griya Bebek dan Ayam Goreng Nelongso ini. Apalagi saat membaca
klan yang dimuat di Majalah Pesta Wirausaha ke6 Komunitas TDA NGALAM (Tangan
Diatas Malang) ini lebih menarik perhatian “Griya Nelongso hadir dengan harga
ramah di kantong, Hanya Rp.5000/porsi saja sudah bias mendapatkan nasi dan
sambal korek pedas yang khas Griya Nelongso.
Iklan
yang sangat mengundang perhatian ini dimasukkan di Majalah Pesta Wirausaha ke6
Komunitas TDA NGALAM serta dipasang di
depan setiap outlet Ayam Goreng Nelongso yang berada di jalan-jalan strategis
kota Malang ini, bertujuan untuk menimbulkan word of mouth yang luas dan sangat
ampuh untuk menarik konsumen dan memosisikan brand ayam goring nelongso sebagai
tempat makan yang enak dengan sambal koreknya namun harganya sangat terjangkau
di benak masyarakat luas.
Iklan
yang dirancang dan memiliki kemiripan denga iklan iklan yang lainnya akan
cenderung dianggap sama dan tersa biasa . Khalayak pada umumnya cenderung
mengabaikan pesan yang biasa-biasa sajua. Jika kondisi semacam itu terjadi,
maka iklan yang telah disajikan pada sejumlah media terutama televise, tidak
akan memberikan efek yang diinginkan. Hal ini dikarenakan khalayak akan
selektif mencari, memilih acara atau iklan yang menurut mereka sangat mereka
sukai. Dalam hal ini iklan yang disukai baru mencapai tahap ad.likebility. Jika
sebuah iklan yang disajikan disukai , kemungkinan akan terjadi dorongan atas
penjualan besar-besaran. Kondisi itu menunjukkan bahwa iklan itu telah mencapai
tahap effectiveness. (shin)
Post by: Admin(Cindy Prasetyo Ningtias ->143140807111027)
Contact: 085753944997
0 komentar:
Posting Komentar