• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Selasa, 05 Januari 2016

Perencanaan Media Untuk Komunikasi Pemasaran


 Dari artikel sebelumnya telah, diketahui secara pasti bahwa keterampilan komunikasi pemasaran sangat penting untuk mencapai tujuan organisasi dalam rangka memberikan informasi pada pasar, menanamkan citra perusahaan dan brand dalam pikiran konsumen yang kita sasar.

Untuk mencapai tujuan tersebut iklan atau informasi yang disampaikan menggunakan berbagai media. Tapi dalam melakukan pemilihan media ini kita harus sangat berhati-hati agar hasilnya seperti yang kita inginkan.

Dalam komunikasi ppemasaran media yang digunakan terbagi menjadi:

Ø  Media Masa, yang terdiri dari media masa elektronik dan cetak
Ø  Media kelompok, yang biasa digunakan pada kegiatan-kegiatan yang melibatkan kelompok tertentu. Bentuk Media ini diantaranya adalah video presentasi.
Ø  Media Personal, seperti catalog, profil korporat dan folder.

Manajer komunikasi pemasaran hendaknya erlu memiliki pengetahuan yang luas mengenai media yang dapat digunakan sebagai saluran komunikasi bagi kebutuhan promosi. Dalam pemilihan media, manajer dapat memberikan penilaian media yang efektif karena media itu berhubungan langsung dengan segmentasi yang dipilih. Efisiensi penggunaan media dilihat dari sejauh mana media itu dapat menjangkau secara tepat, frekuensi yang dibutuhkan, dan durasi tayang iklan pada media dengan intensitas tinggi. Sejauh ini pemasangan iklan masih terpaku pada jenis media yang sudah umum semisal media elektronik dan media cetak (majalah dan Koran)



Pemilihan media berkaitan dengan berapa besar biaya yang harus disiapkan. Hal itu tentunya dilakukan melalui sebuah studi yang matang. Dimana studi yang baik dilakukan melalui penelitian media atau riset media. Hasil riset media dapat dijadikan masukan penting untuk membantu kapan sebuah iklan ditayangkan (eksposure), berapa kali waktu tayang (frequency). Pada media luar ruangan (out of home media) pemilihan lokasi yang tepat, ukuran, dan bentuk menjadi sebuah pertimbangan penting selai factor daya tarik pesan dan visual.

Diferensiasi pesan dan visual dalam kaitannya dengan kegiatan komunikasi pemasaran dikaji secara komperehensif, sehingga pesan yang disampaikan dapat menarik perhatian dan menumbuhkan efek yang kuat. Kreatifitas dapat menghasilkan suatu karya yang menghasilkan karakteristik pesan yang kuat. Tujuan menghasilkan pesan yang kuat adalah agar pesan yang disampaikan melaui media itu dapat menarik perhatian khalayak.

Contoh adalah iklan Ayam Goreng Nelongso. Dilihat dari brandnya saja sudah mengundang perhatian pembaca dan otomatis akan menarik konsumen untuk dating dan mencicipi ayam goring khas Griya Bebek dan Ayam Goreng Nelongso ini. Apalagi saat membaca klan yang dimuat di Majalah Pesta Wirausaha ke6 Komunitas TDA NGALAM (Tangan Diatas Malang) ini lebih menarik perhatian “Griya Nelongso hadir dengan harga ramah di kantong, Hanya Rp.5000/porsi saja sudah bias mendapatkan nasi dan sambal korek pedas yang khas Griya Nelongso.
Iklan yang sangat mengundang perhatian ini dimasukkan di Majalah Pesta Wirausaha ke6 Komunitas TDA NGALAM  serta dipasang di depan setiap outlet Ayam Goreng Nelongso yang berada di jalan-jalan strategis kota Malang ini, bertujuan untuk menimbulkan word of mouth yang luas dan sangat ampuh untuk menarik konsumen dan memosisikan brand ayam goring nelongso sebagai tempat makan yang enak dengan sambal koreknya namun harganya sangat terjangkau di benak masyarakat luas.

Iklan yang dirancang dan memiliki kemiripan denga iklan iklan yang lainnya akan cenderung dianggap sama dan tersa biasa . Khalayak pada umumnya cenderung mengabaikan pesan yang biasa-biasa sajua. Jika kondisi semacam itu terjadi, maka iklan yang telah disajikan pada sejumlah media terutama televise, tidak akan memberikan efek yang diinginkan. Hal ini dikarenakan khalayak akan selektif mencari, memilih acara atau iklan yang menurut mereka sangat mereka sukai. Dalam hal ini iklan yang disukai baru mencapai tahap ad.likebility. Jika sebuah iklan yang disajikan disukai , kemungkinan akan terjadi dorongan atas penjualan besar-besaran. Kondisi itu menunjukkan bahwa iklan itu telah mencapai tahap effectiveness. (shin)


 Post by: Admin(Cindy Prasetyo Ningtias ->143140807111027)
Contact: 085753944997

0 komentar:

Posting Komentar