Pentingnya Komunikasi Pemasaran
Adapun pemasaran didefinisikan sebagai “Asocietal
process by which individual and grup, dapat dikatakan bahwa proses yang
membentuk hubungan antara komunikasi induvidu atau grup dalam menyanpaikan
jenis-jenis produk;barang dan jasa.
Inti Dari Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran membahas beberapa masalah yang
memiliki kaitan erat dengan komunikasi dalam pemasaran, pokok kajian pembahasan
komunikasi pemasaran antara lain
- Strategi Komunikasi
- Segmentasi Potensial
- Perencanaan Media
- Kreatif pesan dan Visual
- Biaya Komunikasi dan Belanja Iklan
- Riset Komunikasi Pemasaran
- Konsep Bisnis Masa Depan
Proses Perencanan Komunikasi
Pemasaran
Komunikasi pemasaran dapat diidentifikasikan sebagai
hal berikut:
- Mengidentifikasikan pasar dan kebutuhan konsuman atau persepsi konsumen.
- menggambarkan dan mengoperasionalkan gambar atau persepsi tujuan target group.
- Mengvaluasikan sejumlah perilaku yamh tergambar diyakini dapat mencapai tujuan.
Strategi mempromosikan sebuah produk atau perusahan
merupakan strategi pembangunanatribut yang akan dan terus dikenal oleh
konsumen.
Analis Situasi ,Taktik,dan Strategi
Perusahaan yang memikili dia atau lebih konsep
strategi ,memungkinkan perusaahn tersebut bertahan dalam persaingan yang semakin
keras.Perusahan yang tidak memiliki kerangak dan strategi cadangan dalam
menghadapi para pesaing naru justeru akan mengacam posisi produk mereka yang
telah ada.
Tujuan lain dari analis situasi,teknik dan strategi
dalam komunikasi pemasaran adalah untuk memperoleh dari konsumen (sebagai
sumber utama).dimana pespon tersebut merupakan langkah awal yang perusahan
untuk bersikap positif.
Perencanaan Komunikasi Penasaran
Perencanaan komunikasi dalam komunikasi pemasran
merupakan panduan mendasr yang penting untuk membentuk kita dalam menyusun
sebuah perencanaan strategi berdasarkan pandangan komunikasi pemasaran.
Perencanaan mungkin lebih penting dari sebuah dokumen yang kita miliki. Setiap
perencanaan dan eksekusi periklanan memilikinilai yang kecil jika kita tidak
menjaga di hadapan konsumen .
PEMASARAN DAN PROMOSI
Pemasaran Pada Era Informasi.
Kondisi saat ini menempatkan kita ke dalam sebuah
persaingan diantara dua paradikma yang saling tarik menarik,yaitu era industeri
disnis dan era informasi bisnis.
Terdapat tujuh Aspek Dasar yang harus dicapai oleh
organisai bisnis agar dapat bartahan dalam kompetisi yang ketat saat ini:
- Konsumen tepat sasaran
- Kualitas penciptaan produk yang terbaik melalui perusahan teknologi terbaru
- Adanya diferentasi produk yang ditawarkan dengan pesaing .
- Positioning produk dan perusahaan sebagai penggerak pasar .
- Kacapatan dalam penetrasi pasr (local maupun interlokal)
- Sumbrt daya manusia dengan kualitas tertinggi dan mampu bekerja secara tim
- Kepentingan yang mamapu beradap tasi dalam kondisi yang selalu berubah –ubah
Perusahaan yang memliki ke tujuh
aspek tersebut dapat digolongkan kepada perusahan yang memiliki kemampuan untuk
bertahan pada masa saat ini.
Dukungan Media (Media Support)
Dukungan media (Media support) selalu dihubungkan
dengan peluang keberhasialan bisnis,biaya dan audience.dukungan media dapat
juga disebut sebagai media alternative,media yang tidak dapat diukur serta
merupakan non traditional media .dukungan media –media tersebut antara lain:
- Out Of Home Media
- Promotional Product marketing
- Yellow Pages
- Produt Placement
- Inflight Adertising dan
- Miscellaneous Media.
Publicity dan Corporate Advertising
Publicity
Publicity (publisitas) merupakan salah satu teknik
yang sering digunakan dalam program publicity relation,karena mampu menjangkau
opini public yang dapat mendukung produk/jasa serta membentuk suatu perceived
quality dalam benak konsumen.
Untuk mempromosikan produk special yang dapat
membangkitkan kepercayaan terhadap produk ,dan memperkuat imagenilai dari
suatu produk kepada pelangan khusus.publicity itu sendiri pada dasrnya
merupakan pengembangan dari konsep berita, yaitu:5 W +1
H(Who,What,Where,Why,What,dan How) hanya dalam pemasarannya saja yang berbeda
.penulisan berita 5W dijabarkan secara singkat maka dalam publicity cenderung
disajiakn lebih kompeleks dan detil.
Direct Marketing
Diret Marketing adalah :bagian dari program komunikasi
pemasran .pasar tidak dapat dicapai apabila kita hanya menggunakan salah satu
cara atau medium saja. Kehadiran media masssa dalam memenuhi keinginan
industeri perlu diperoleh kesempatan untuk meraih targert market
sebesar-besarnya.dan menjangkau target yang tidak terjangkau melalui metode
atau teknuk markering.
Personnel Selling
Personnel selling adalah:improvisiasi dari penjualan
dengan menggunakan komunikasi a person to person communicatiom.Dalam
marketing communication,personal selling merupakan mitra penting dan tidak
dapat digantiakn dengan elemen promosi lainnya.
STRATEGI KOMUNIKSI
Kehidupan manusia tidak terlepas dari ruang lingkup
komunikasi,manusia sebagai mahluk social,maka dengan komunikasi tidak saja
sebagai alat untuk kontak hubungan dengan antara individu,namun komunikasi juga
merupakan alat bagi manusia untuk bertahan hidup.komunikasi memiliki kekuatan
untuk melakukan seleksi terhadap berbagai stimuli yang ada disekitarnya,stimuli
yang akan dipilih dan stimuli tersebut dapat memberikan rangsangan yang labih
kuat.
Bentuk –Bentuk Komunikasi
Komunikasi pemasran mix antara lain adalah:
- Advertising
- Sales Promotion
- Publicity
- Personal selling dan
- Direct Selling
Dalam komunikasi dibagi menjadi tiga bagian
yaitu:Massa,Kelompok,dan Personal .masing –masing kimunikasi dalam lingkup
massa tersebut dianggap tidak saling mengenal satu sama lainnya.sedangkan
karekteritis personal adalh: pribadi dari satu orang komunikasi yang langsung
dan berinteraksi dengan komunikasi.komunikasi dibagi menjadi dua bagian yaitu:
- Komunikasi massa
- Komunikasi kekompok
Bentuk –Bentuk Media Komunikasi
Media Komunikasi Antar personal
Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi telah
memunculkan jenis media komunikasi yang mempu berinteraksi secara personal atau
kelompol.komunikasi dapat melakuakanpenelusuran berbagai informasi yang menarik
.
Tujuan Komunikasi
Perubahan Pengetahuan
Setiap tindakan yang kita lakuakan diasdari atau tidak
disadari memiliki tujuan tertentu dalam ari adanya keinginan untuk memperoleh
kepuasan yang ingin segeran dicapai secepatnya.
Otak manusia bekerja dan berkembang sesuai rangsangan
(stimuli) dari luar yang dihubungkan dengan kebutuhan yang ada dalam diri
seseorang.pentingnya perubahan pengetahuan dalam strategi komunikasi pada tahap
awal merupakan langkah positif dari sebuah presesuntuk mengubah pengetahuan
konsumen dimaksudkan untuk mengubah pengetahuan komsumen yang yang dimaksud
adalah:
- Mempekenalkan adanya penemuan baru.
- Mengiformasikan cara baru dalam memenuhi kebutuhan.
- Menggambarkan bagimana kepuasan tersebut dapat terpenuhi.
Tujuan Komunikasi Pemasaran
Komunikasi pemasaran bertujuan untuk mencapai tiga
tahap perubahan yang ditunjukan kapada konsumen.tahap pertama yang ingin
dicapai dari strategi komunikasi pemasaran adalah tapan perubahan
khowledge(pengetahuan),dalam perubahan ini konsumen mengetahui adanya keberadaan
sebuah produk,tahapan kedua adalah perubahan sikap dalam consumer behavior
perubahan sikap ini ditentukan oleh tiga unsure yang disebut oleh Sciffman dan
Kanuk menunjukkan bahwa tahapan perubahan sikap ditentukan dan
conation(perilaku),jika tiga komponen ini menunjukkan adanya kecenderungan
terhadap sebuah perubahan (kognitif,afektif,dan konatif)
Konsemen Indonesia setip saat berubah sedikit dengan
sedit menuju sebuh tahapan yang disebut”knowledge social”lebih berbahaya lagi
setip perancang iklan yang bermaksud membodoh-bodohi konsumen.perlu disadari
bahwa batas-batasan etika ini sebenarnya tidak bermaksud membatasi keratifitas
ide,bankan memotivasi terjadinya inovasi dan kreatifitas iklan yang lebih
tinggi dan memantu para kteatif untuk memberikan sebuah iklan.
STRATEGI DAN PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMASARAN
Segmentasi Potensial
Sebuah produk diciptakan untuk memenuhi sebuah
kebutuhan atau mungkin mengangkat sebuah keinginan menjadi sebuah kebutuhan
baru.Beberapa perusahaan ,mengalami kegagalan ketika menetapkan strategi
segmentasi pasar,yang disebabkan oleh tidak adanya hubungan yang cukup kuat
antara produk yang ditawarkan dengan sasaran produk (konsumen).
Fase Kegiatan Komunikasi Pemasaran
Fase-fase kegiatan komunikasi pemasaran merupakan
acuan penting dalam menyusun strategi promosi,terhadap tiga tahapan dari
markering komunikasi yaitu:
- Pertama:segmentasi pasar
- Kedua:menentukan segmentasi (satu atau lebih) dengan produk yang spesifikasi atau bentuk promosi.
- Ketiga :Menentukan posisi produk sebagai suatau produk yang mampu memuasakan konsumen dengan cara yang berbeda (diferensasi)dari competitor yang diwujudkan dalam bentuk pesan yang khusus.
Segmentasi
Segmentasi pasar dihubungkan bagi pengembang sebuah
market melalui cara pemuasan yang berbeda,kemampuan komunikasi pemasaran dalam
pembagian segmentasi berpengaruh terhadap media yang memiliki
kedekatan.segmentasi diperoleh beberapa asumsi-asumsi penting.khususnya dalam
mementukan bentuk stimulasi yang kuat.
Sciffman dan Knuk membagi komunikasi pemasaran dalam
berbagai segmen ,yaitu sebagai berikut:
- Geografis
- Demografis
- Psikologi
Hubungan Antara Asumsi Komunikasi dengan Kebutuhan
,Keinginan,dan Permintaan.
Need(keburuhan)
Needs, Maslow menyebutkan adanya hirarki kebituhan
yang terdiri dari lima tingkatan yang dimulai dari kebutuhan yang paling
utama,yaitu:kebutuhan phisik seperti:makan,minum,pakaian dan tempat
tinggal,kebutuhan yang harus dipenuhi segara.kebutuhan lanjutan yangbterdiri
dari kebutuhan akan rasa aman ,bersosalisasi,penghargaan diri,dan cinta,hingga
pada kebutuhan yang terakhir yaitu:akualisasi diri.
Wants(keinginan)
Wants adalah:sebuah kebutuhan yang dijadikan referensi
bagi konsumen.karena produk tersebut memilik padanan produk pengganti,sebagai
contoh:nasi merupakan cara orang Indonesia menyelesaikan kebutuhan akan rasa
lapar dan orang Amerika makan burger untuk menyelesaikan rasa laper dan karean
orang Amerika dan orang Indonesia ,maka burger pun dapat dijadiaknan alat
penyelesaian rasa laper.
Demand (Permintaan)
Daya beli ternyata bagian terkhir dari sebuah strategi
marketing,mampun sebuah produk didapakan sangat kuat,namun jika tidak didukung
daya beli,produk tersebut seperti mengawang-awang,tentunya hal ini telah
dipertimbangkan oleh perusahaan .
PELUANG PROMOSI DI MEDIA
Teori-teori Media
Harlod D.Laswell mengatakan bahwa cara yang baik untuk
menjelaskan komunikasi ialah dengan menjawab pertanyaan who says what,in which
channel to whom,whit what effect,and in which,channel,menunjukkan sebuah
kegiatan komunikasi yang menggunakan saluran –saluran komunikasi.Dalam proses
komunikasi primer,komunikator dan komunikan berharap langsung tanpa disela oleh
objek lainnya atau tanpa media ,dan efek dari komunikasi dapat dengan diperoleh
secara langsung.
Komunikasi Non Media
Komunikasi non media merupakan kegiatan komunikasi
yang dijalankan oleh personal selling yaitu antara sales dengan konsumen yang
biasa terjadi secara tatap muka.komunikasi non media merupakan proses
komunikasi yang bersifat primer yang berlangsung secara tatap muka komunikator
dengan komunikakan.dalam konumikasi pemasaran yang perlu diamati adalah sejuuh
mana komunikasi primer ini memberikan efek secara langsung atau tidak langsung
terhadap tujuan dari markerting.
Komunikasi Bermedia
Komunikasi bermedia dalam lingkup komunikasi pemasaran
seperti yang telah diungkapkan sebelum nya bahwa media terbagi atas dua jenis
media yaitu media massa dan nirmassa.kegiata komuniksai membagi pengelompokan
media atas tiga bagian yang ditunjukan kepada massa,kelompok dan personal
yaitu:
- Media massa:yang kemudian dibagi menjadi media massa elektonik dan media cetak
- Media Kelompok,dan
- Media Antar personal
Karakteritis Media
- Mesia massa
- Media Elektronik
- Radio
- Tv
- Media Cetak
- Media Out of Home
- Media Komunikasi Kelompok
- Media Komunikasi personal
Dukungan Biaya Promosi
Kaitannya dengan efesiensi biaya marketing
communication bahwa harus dperhatikan ,jika perencanaan komunikasi pemasaran
hanya terfokus kepada prioritas penggunaan media sebagai saran promosi
utama.perencanaan sebuah aktifitas komunikasi pemasaran harus disesuakan dengan
kemampun pembiayaan dan anggran yang disediakan.anggaran komunikasi pemasaran
akan menentukan apa saj yang akan dibiayakan,segmentasi mana saja yang akan
dituju.
Marketing Information System (MIS) Data Base
Sumber informasi lain yang berguana bagi seorang
manaer dalam melakukan perencanaan kegiatan dan biata mengacu kepada marketing
information system(MSI) masalah penyebab turunyan penjualan yang disebabkan
oleh factor internal,aksesibilitas,kualitas,produk,dan pesaing perusahaan.
Sales Report,merupakan data penting yang harus diolah
dengan melakukan suatau perbandingan kegitan kimunikasi pemasaran yang
dilakuakan sebelumnya.
MANAJEMEN BRAND
Pengertian Dari Brand
Brand dapat kita sebut dengan pelabelan,brand memiliki
kekuatan untuk membentuk penjualan.istilah brand muncul ketika persaingan
produk semakin tajam menyebabkan perlunya pengutan peran labek untuk
mengelompokan produk-produk dan jasa yang memiliki nya dalam satu kesatuan.
Brand dan Mitos kepuasa
Tidak semua merek-merek terkenal diluar negari mamapu
menguasai pasar Indonesia,khususnya di Indonesia bahwa setip produk yang
memikili label berbahasa asing dengan tulisan MADE IN…..selalu dinggap merek
yang mampu memberikan jaminan kepuasan dengan alas an produk rumit dan
hati-hati sehinga memberiakan hasil yang lebih baik dan lebih kuat.
Manajemen Brand
- Brand Campaign
- Brand Recognition
- Brand Preference
- Brand Insistance
- Lovely Brand/Brand Satift.
Kreatifitas pesan dan visual
Aplikasi Komunikasi Pemasaran
Dengan menggunakan media inti bahwa (below the line)
maupun lini atas (above the line)ditentukan oleh strategi pesan dan visual yang
disajiakn .Tujuan promosi ditunjukan untuk:
- Awareness,merupakan kesadaran keberadaan sebuah produk atau jasa baru.
- Khowledge,memberikan informasi yang dibutuhkan atas pengguanaan sebuah produk atau jasa.
- Likeability,menumbuhkan kesatuan terhadap penampilan pesan
Proses penyanpaian pesan dalam komunikasi kedelapan
tujuan promosi dibagi dalam tiga tahapan perubahan sikap,yaitu:
- Conative(awareness,dan knowledge)
- Attitude(likeability ,beriveing,dan image)
- Cognitive(motivation,remembering,dan loyality)
Keberadaan sebuah produk atau jasa dan juga fungsi
sebuah produk /jasa perubahaan sikap ditunjukan untuk merubah sikap.
Stimulasi Pesan
Stimulasi pesan dibagi menjadi beberapa karakter
yaitu:
- Like or Dislike
- Sensation
- Intensity
- Absolut Threshold dan Differentisl Threshold(J. N.D)
- Perceptual Selection
Strategi Menarik Perhatian Konsumen dan Persepsi
Konsumen Terhadap Sajian Iklan
Seperti dikatakan sebelumnya bahwa sebuah iklan yang
efektif memiliki kemungkinan terbesar terjadi sebuah pembelian ,stimulasi yang
akan direncanakan dengan melakukan berbagai penelaahan dan pemilihan bentuk
advertising seperti:
- Pesan Verbal dan non verbal
- Bahasa dalam Periklanan
- Soun Efek dan Visual Efek
- Habituate
- Teknik membangkitkan Motivikasi Konsumen
Simbol warna Dalam Visual Komunikasi
Dalam beberapa kasus ,sebuah produk atau brand
diasosiasiakn ke dalam warna spesifikai dalam kerangak konotasi kesukaan
individi/pribadi.maka tidak heran jika warna ini akan berbeda antara sat
kelompok dengan kelompok lainnya.namun juga memberikan cirri-ciri kemakmuran
atau harapan akan munculnya rezeki yang berlimpah.negitu banyak persepsi
individu terhadap asosiasi warna menyebabkan penggunaan warna pada elemen
visual menjadi penting.
PERENCANAAN BIAYA KOMUNIKASI PEMASARAN
Biaya Komunikasi
Dalam kegiatan bisnis sebagaimana kegiatan ekonomi
dikenal adanya konsep biaya operasioanal (opportunity cost).konsep tersebut
menjelaskan bahwa terdapat lebih dari satu penggunaan atau pemanfaatan
sumberdaya perusahaan.
Sumberdaya yang dimiliki oleh perusahaan antara
lain:uang(money),manusia (man),kemapuan manajemen (managerial skill) ,dan
waktu(time).artinya bila sumberdaya unang dipakai untuk kegiatan x (promosi
,misalnya)maka uang tersebtu sesungguhnya dapt dimafaatkan tidak hanya
ditunjukan bagi kegiatan promosi saja.
Inti dari konsep biaya opportunitas adalh pemanfaatan
secara optimal,efektif dan efisien dari seluruh sumber daya perusahaan.
Strategi Penentuan Komunikasi Pemasaran Budget
Jenis–jenis Anggaran
Dalam penetapan anggaran biaya promosi ,beberapa item
yang harus tersedia adalah:
- Personal
- Aktifitas
- Quality Control
Strategi Kampanye
Perencanaan Kampanya Periklanan
Tujuan penyampaian pesan pada strategi kampanye dalam
komunikasi pemasaran adalah untuk memberikan informasi mengenai new
performance,new service,new product dan benefit.penyampaian pesan informasi
tersebut diharapkan dapat merubah pengetahuan dan refensi public terhadap
produk dan perusahaan.
RISET KOMUNIKASI PEMASARAN
Riset Pemasaran Sebagai Dasara Dari Perencanaan
Komunikasi Pemasaran
Sebuah perusahaan besar biasanya memilki departemen
yang menangani riset marketing.mereka bertugas untuk memeperoleh sejumlah
informasi penting yang dibutuhkan seperti riset pasar yang meliputi informasi
tentang tingkat kepentingan konsumen terhadap produk,
Riset Dalam Komunikasi Pemasaran
Perencanaan riset dalam komunikasi pemasaran ditujikan
untuk memberikan gambaran atau sebuah proyeksi mengenai sesuatu kejadian atau
ramalan terhadap suatu perubahaan yang akan muncul pada massa yang akan datang
.Dalam Komunikasi pemasaran ,riset yang dibutuhkan terbagi dalam empat kelompok
riset yaitu:
- Riset Perilaku
- Riset Media
- Riset Efektifikasi Iklan ,dan
- Riset Kompetitif
Competitive Intellignt dalam Strategi Memposisikan
Brand
Fungsi intelijen adalah mengkaji kekuatan para pesaing
dan kekuatan ekstetnal dengan maksud untuk menyampaikan perusahaan menghadapi
keadaan dan kondisi dikemudian hari.strategi pesan merupakan penciptaan
pontensi keuntungan masa dapan (igon anshoff)pentingnya intelijen kompetitif
ini adalah untuk membentuk komunikasi pemasran untuk menganalisa perkembangan
lingkungan bisnis yang ada disekitarnya.
Monitoring Kegiatan Direct Selling Dan Event
Management
Monitoring Kegiatan Promosi
Ketika manajer,komunikasi pemasran ,wajib melaksanakan
kegiatan monitoring terhadap berbagai kegiatan promosi yang telah dijalankan
.monitoring direct selling khususnya dalam penggunaan media-media komunikasi
personal (marketing kits)ditunjikan untuk memperoleh informasi dari
salesengenai kendala-kendala dalam menjelaskan produk kepada konsumen atau ada
beberapa informasi yang dibutuhkan oleh konsumen.pengambilan keputusan atas
beberapa masalh yang dihadapi tersebut,biasanya disediakan anggaran 10% hingga
20%untuk mengatasi berbagai masalah atau kendala,perusahaan maupun oleh pesaing
,dan jika dana anggaran cadangan tidak tersedia atau tidak teranggarakan,hal
ini tidak dapat dipungkiri bahwa perusahaan bias terjadi ka[pan
saja,ketidaktanggapan manajer berakibatkan fatal yaitu kehilangan sebagian
pangsa pasarnya.
KOMUNIKASI PEMASARAN MASA DEPAN
Dampak Promosi Terhadap Pengembangan Pasar
Strategi pengembangan pasar dan penciptan peluang
pasar membutuhkan sedikit pemikiran yang berbeda.Konsemen sangat tertarik pada
harga dan kualitas barang.sterategi pencipta peluang pasr merupakan strategi
yang berbeda. Hubungan timbal Balik antara komuniksai Pemasaran dan
Relationship Marketing
Perlunya penerapan konsep relationship marketing yang
dipadukan dengan konsep marketing communication ditunjukan untuk memperkuat
pemposisian perusahaan dan produk/servis yang dimiliki oleh perusahaan dengan
grup-grup bisnis.Relationship marketing commucation hanya dapat berjalan mulus
jika dengan standarilasi product,behavior dan atmosphere dalam lingkungan
perusahaan lebih baik .untuk membangun posisi tertinggi dipasar
,pertama:perusahaan harus membanguan hubungan yang kuat,kedua mereka harus
mendapatkan keuntungan dari industeri infastruktur dimana kuncinya adalah
orang-orang dan perusahaan yang telah menjadikan industeri itu menjadi lebih
kuat.
Tujuan dari relationship Marketing ini adalah untuk
membangun infrastuktur pasar yang kuat,membangun suasana keakrapan dan
terjalinnya hubungan yang lebih luas, menstransfer pengetahuan tentang produk
dan perusahaan (positioning a product and corporate),pemasaran yang lebih
sederhan (simple)untuk mempermudah pendistribusian,efesien,dan konsentarasi
pemasaran yang lebih efektif.
Hubungan Masyarakat (Public Relations)
Setiap individu memiliki needs and wants,untuk
memenuhinya dibutuhkan sebuah interaksi ,dan interaksi ini pun dipenuhi oleh
berbagai kepentingan yang mungkin berbeda.jika hal ini berlaku pada hubungan
antara dua individu maka akibat yang dihasilkannya (baik positif dan
negatif)berpengaruh pada dua individu dan jika hubungan ini berlaku pada
individu dengan organisasi atau antara organisasi maka akibat yang dihasilakn
akan mempengaruhi individu lainnya.
Dukungan Publisitas Terhadap Penguatan Citra Brand
Publisitas (publicity)merupakan alat komunikasi milik
profesi public relations karena awal berdirinya profesi profesi public
relations diawali oleh publicity.untuk menjatuhkan profile dari produk pesaing
yang tanpa disadari dapat mengiring konsumen lain untuk meninggalkan
produkpesaing dan beralih kepada produk yang kita milik.
Nama :
Eka Cipta Wijya
NIM
: 143140807111013
No HP
: 085745471548
www.tips-indonesia.com
www.outbuondindonesia.com
www.songa-rafting.com
www.rafting-pacet.com
www.raftingkasembonmalang.com
www.kaliwaturafting.com
www.raftingnoars.com
www.outboundraftingpacet.com
www.regulorafting.com
www.paintballsurabaya.com
www.tips-surabaya.com
www.ayamgorengnelongso.com
www.tips-indonesia.com
www.outbuondindonesia.com
www.songa-rafting.com
www.rafting-pacet.com
www.raftingkasembonmalang.com
www.kaliwaturafting.com
www.raftingnoars.com
www.outboundraftingpacet.com
www.regulorafting.com
www.paintballsurabaya.com
www.tips-surabaya.com
www.ayamgorengnelongso.com
0 komentar:
Posting Komentar