• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Senin, 04 Januari 2016

Memahami Pentingnya Memiliki Keterampilan Komunikasi Bisnis

20.32 // by Unknown // // No comments



Istilah komunikasi berasal dari bahasa latin “communis” atau “common” dalam bahasa Inggris yang berarti sama. Berkomunikasi berati kita sedang melakukan usaha untuk mencapai kesamaan makna atau “commones”. Melalui komunikasi kita berbagi informasi, gagasan, atau sikap dengan partisipan lainnya. Oleh sebab itu komunikasi dipahami sebagai proses pengiriman, penerimaan, dan pemahaman gagasan atau perasaan dalam bentuk pesan verbal atau nonverbal secara disegaja atau tidak disegaja dengan tujuan mencapai kesamaan makna.
Menurut Himstreet dan Baty dalam Business Communication: Principles and Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu system yang biasa (lazim) baik dengan symbol-simbol, sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.. Sementara menurut Bovee, komunikasi adalah suatu proses pengiriman dan penerimaan pesan.
Sementara itu, bisnis dipahami sebagai seluruh kegiatan komersial dan industrial yang menghasilkan barang dan jasa untuk meningkatkan dan memelihara kualitas hidup.


Komunikasi Bisnis
Business Communication is purposive interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like , presented personally or impersonally by symbol or signal as to attain the goals of the organization (Rosenblatt, 1982).
(Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui symbol-symbol atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi.
Atau secara sederhana komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalaam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non verbal untuk mencapai tujuan organisasi.

Unsur Pokok Dalam Komunikasi Bisnis
Terdapat enam unsur pokok dalam komunikasi bisnis, yaitu:
·         Memiliki Tujuan, artinya komunikasi bisnis harus memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan organisasi.
·         Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling tidak dua orang atau lebih  yakni komunikator dan komunikan.
·         Gagasan, Opini, Informasi , merupakan isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi dan kondisinya.
·         Menggunakan Saluran Personal atau Impersonal, yang mungkin bersifat tatap muka,menggunakan media tertentu atau melalui media yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
·         Menggunakan symbol atau sinyal, yang merupakan alat atau  metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk menyampaikan atau mempertukarkan pesan.
·         Pencapaian tujuan organisasi, keberhasilan lembaga bisnis diukur berdasarkan keuntungan, tujuan produktif –menentukan tingkat operasional, tujuan pemeliharaan –menentukan kesinambungan produktifitas.

Karakteristik Komunikasi Bisnis
Perbedaan yang cukup mendasar antara komunikasi bisnis dengan jenis komunikasi lainnya, yaitu kegiatan komunikasi bisnis tidak hanya bersifat informatif namun harus cenderung persuasif. Melaui pendekatan ini diupayakan untuk membuat pihak lain bersedia menerima argumen dan penjelasan kita, lalu menerima suatu paham keyakinan atau ide
Komunikasi Bisnis memiliki ciri yang khas bila dibandingkan dengan komunikasi lainnya, yaitu:
·         Komunikasi Bisnis Berorientasi Pada Tujuan Tertentu, pada umumnya tujuan praktis yang cenderung persuasive dalam upaya untuk mencapai keuntungan
·         Keberhasilan Komunikasi Bisnis Merupakan Tanggungjawab Komunikator, sementara khalayak ditempatkan sebagai beneficiaries
·         Pesan-pesan bisnis mencerminkan siapa komunikator dan organisasinya (perusahaan) serta bagaiman komunikator dapat memberikan pelayanan dan manfaat bagi khalayak.
Mengingat hal tersebut maka upaya untuk membangun citra (imge building) menjadi hal yang sangat penting dalam komunikasi bisnis. Citra yang ingin dibangun harus ditunjukkan dalam tindakan bisnis dan harus dikomunikasikan agar masyarakat memahami.

Pentingnya Memiliki Keterampilan Komunikasi Bisnis

Lalu apa pentingnya untuk memiliki keterampilan komunikasi bisnis??
Komunikasi diyakini dapat menjadi alat yang mampu untuk membentuk dan mengubah opini, sikap, dan perilaku dalam dunia bisnis.
Apalagi dimasa pasar bebas seperti sekarang ini, memiliki keterampilan berkomunikasi bisnis sangat diperlukan untuk menghadapi para stakeholders di setiap situasi yang terus berubah seperti perubahan pada struktur organisasi, meningkatnya spesialisasi organisasi dll. Termasuk didalamnya komunikasi bisnis dapat mempermudah pencapaian tujuan organisasi , melalui terciptanya hubungan baik dan pengertian di internal organisasi yang akan meningkatkan kinerja karyawan serta kontrol.
Dari sisi eksternal, lingkungan persainan global yang semakin ketat, menuntut keterampilan komunikasi untuk meraih kemenangan dalam persaingan bisnis. Melalui pembentukan citra organisasi yang baik, lewat setiap statemen dan tindakan nyata yang dilakukan organisasi baik lewat media cetak ataupun internet.
Terlebih lagi persaingan untuk merebut pasar sangat ketat antar pengusaha yang memiliki produk yang relative sama. Oleh karena itu dibutuhkan keterampilan berkomunikasi bisnis, khususnya komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk memberitahu atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan. Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakancitra merek serta mendorong penjualan.
Contoh bisnis mikro yang telah menerapkan penggunaan komunikasi bisnis (komunikasi pemasaran) adal Ayam Goreng Nelongso. Mereka telah berhasil memosisikan bisnis mereka ditengah persaingan pasar yang terus tumbuh di kota Malang. Dengan memakai nama Nelongso yang mudah diingat pasar, lalu merancang strategi yang berpusat pada pembentukan opini bahma Ayam Goreng Nelongso adalah tempat makan yang enak dan memiliki harga yang sangat terjangkau terutama di kalangan mahasiswa yang merupakan target pasar mereka. Dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang demikian Ayam Goreng Nelongso sudah memiliki lebih dari 4 cabang dalam waktu yang relative singkat. (shin)

Post by: admin (Cindy Prasetyo Ningtias -> 143140807111027)
contact :085753944997

0 komentar:

Posting Komentar