Istilah komunikasi
berasal dari bahasa latin “communis”
atau “common” dalam bahasa Inggris
yang berarti sama. Berkomunikasi berati kita sedang melakukan usaha
untuk mencapai kesamaan makna atau “commones”.
Melalui komunikasi kita berbagi informasi, gagasan, atau sikap dengan
partisipan lainnya. Oleh sebab itu komunikasi dipahami sebagai proses
pengiriman, penerimaan, dan pemahaman gagasan atau perasaan dalam bentuk pesan
verbal atau nonverbal secara disegaja atau tidak disegaja dengan tujuan
mencapai kesamaan makna.
Menurut Himstreet dan Baty dalam Business Communication: Principles and
Methods, komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar
individu melalui suatu system yang biasa (lazim) baik dengan symbol-simbol,
sinyal-sinyal, maupun perilaku atau tindakan.. Sementara menurut Bovee, komunikasi adalah suatu proses
pengiriman dan penerimaan pesan.
Sementara itu, bisnis
dipahami sebagai seluruh kegiatan komersial dan industrial yang menghasilkan
barang dan jasa untuk meningkatkan dan memelihara kualitas hidup.
Komunikasi Bisnis
Business Communication is purposive
interchange of ideas, opinions, information, instructions, and the like ,
presented personally or impersonally by symbol or signal as to attain the goals
of the organization (Rosenblatt, 1982).
(Komunikasi bisnis
adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi yang memiliki tujuan
tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal melalui symbol-symbol
atau sinyal-sinyal untuk mencapai tujuan organisasi.
Atau secara sederhana
komunikasi bisnis adalah komunikasi yang digunakan dalaam dunia bisnis yang
mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal maupun non
verbal untuk mencapai tujuan organisasi.
Unsur Pokok Dalam Komunikasi Bisnis
Terdapat enam unsur pokok dalam komunikasi bisnis, yaitu:
·
Memiliki Tujuan, artinya komunikasi bisnis harus
memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan
organisasi.
·
Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling
tidak dua orang atau lebih yakni
komunikator dan komunikan.
·
Gagasan, Opini, Informasi , merupakan isi dari pesan yang
bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi dan kondisinya.
·
Menggunakan Saluran Personal atau
Impersonal, yang
mungkin bersifat tatap muka,menggunakan media tertentu atau melalui media yang
menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
·
Menggunakan symbol atau sinyal, yang merupakan alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami
oleh penerima untuk menyampaikan atau mempertukarkan pesan.
·
Pencapaian tujuan organisasi, keberhasilan lembaga bisnis diukur
berdasarkan keuntungan, tujuan produktif –menentukan tingkat operasional,
tujuan pemeliharaan –menentukan kesinambungan produktifitas.
Karakteristik Komunikasi Bisnis
Perbedaan yang cukup mendasar antara
komunikasi bisnis dengan jenis komunikasi lainnya, yaitu kegiatan komunikasi
bisnis tidak hanya bersifat informatif namun harus cenderung persuasif. Melaui
pendekatan ini diupayakan untuk membuat pihak lain bersedia menerima argumen
dan penjelasan kita, lalu menerima suatu paham keyakinan atau ide
Komunikasi Bisnis memiliki ciri yang
khas bila dibandingkan dengan komunikasi lainnya, yaitu:
·
Komunikasi Bisnis Berorientasi Pada
Tujuan Tertentu,
pada umumnya tujuan praktis yang cenderung persuasive dalam upaya untuk
mencapai keuntungan
·
Keberhasilan Komunikasi Bisnis
Merupakan Tanggungjawab Komunikator, sementara khalayak ditempatkan sebagai beneficiaries
·
Pesan-pesan bisnis mencerminkan siapa
komunikator dan organisasinya (perusahaan) serta bagaiman komunikator dapat memberikan pelayanan
dan manfaat bagi khalayak.
Mengingat hal tersebut maka upaya untuk membangun citra (imge
building) menjadi hal yang sangat penting dalam komunikasi bisnis. Citra yang
ingin dibangun harus ditunjukkan dalam tindakan bisnis dan harus
dikomunikasikan agar masyarakat memahami.
Pentingnya Memiliki Keterampilan
Komunikasi Bisnis
Lalu apa pentingnya untuk memiliki
keterampilan komunikasi bisnis??
Komunikasi
diyakini dapat menjadi alat yang mampu untuk membentuk dan mengubah opini,
sikap, dan perilaku dalam dunia bisnis.
Apalagi dimasa pasar bebas seperti
sekarang ini, memiliki keterampilan berkomunikasi bisnis sangat diperlukan
untuk menghadapi para stakeholders di setiap situasi yang terus berubah seperti
perubahan pada struktur organisasi, meningkatnya spesialisasi organisasi dll.
Termasuk didalamnya komunikasi bisnis dapat mempermudah pencapaian tujuan
organisasi , melalui terciptanya hubungan baik dan pengertian di internal
organisasi yang akan meningkatkan kinerja karyawan serta kontrol.
Dari sisi eksternal, lingkungan
persainan global yang semakin ketat, menuntut keterampilan komunikasi untuk
meraih kemenangan dalam persaingan bisnis. Melalui pembentukan citra organisasi
yang baik, lewat setiap statemen dan tindakan nyata yang dilakukan organisasi
baik lewat media cetak ataupun internet.
Terlebih lagi persaingan untuk
merebut pasar sangat ketat antar pengusaha yang memiliki produk yang relative
sama. Oleh karena itu dibutuhkan keterampilan berkomunikasi bisnis, khususnya
komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk memberitahu
atau memperlihatkan kepada konsumen tentang bagaimana dan mengapa suatu produk digunakan, oleh orang macam apa, serta di mana dan kapan.
Komunikasi pemasaran berkontribusi pada ekuitas merek dengan menanamkan merek dalam ingatan dan menciptakancitra merek serta mendorong penjualan.
Contoh bisnis mikro yang telah menerapkan penggunaan komunikasi
bisnis (komunikasi pemasaran) adal Ayam Goreng Nelongso. Mereka telah berhasil
memosisikan bisnis mereka ditengah persaingan pasar yang terus tumbuh di kota Malang.
Dengan memakai nama Nelongso yang mudah diingat pasar, lalu merancang strategi
yang berpusat pada pembentukan opini bahma Ayam
Goreng Nelongso adalah tempat makan yang enak dan memiliki harga yang
sangat terjangkau terutama di kalangan mahasiswa yang merupakan target pasar
mereka. Dengan menerapkan strategi komunikasi pemasaran yang demikian Ayam Goreng Nelongso sudah memiliki
lebih dari 4 cabang dalam waktu yang relative singkat. (shin)
Post by: admin (Cindy Prasetyo Ningtias -> 143140807111027)
contact :085753944997
0 komentar:
Posting Komentar