• LinkedIn
  • Join Us on Google Plus!
  • Subcribe to Our RSS Feed

Sabtu, 02 Januari 2016

Pentingnya komonikasi bisnis dalam wawancara kerja.

23.44 // by Unknown // No comments



Pentingnya komonikasi bisnis dalam wawancara kerja.

Saat ini tentunya banyak sekali fresh graduate yang sedang mencari pekerjaan dan menunggu panggilan untuk wawancara kerja. Harap-harap cemas tentunya mengisi hari-hari para fresh graduate tersebut, karena wawancara kerja merupakan salah satu tahap yang paling penting dalam menentukan apakah orang tersebut layak untuk mendapatkan posisi/pekerjaan di dalam perusahaan.

Seringkali, ketidakberhasilan dalam wawancara kerja bukanlah akibat dari kualifikasi yang buruk dari sang pelamar, namun akibat komunikasi bisnis yang belum sesuai dengan harapan/kriteria dari perusahaan tersebut.

Mengapa komunikasi bisnis sangat penting dalam proses perekrutan tenaga kerja? Di era globalisasi ini, bisnis tidak hanya mencakup ranah nasional, melainkan ranah internasional. Oleh karena itu, kemampuan komunikasi yang baik sangat diperlukan oleh perusahaan untuk memasarkan produk dan mengembangkan bisnisnya ke berbagai pihak. Bisnis atau produk sebagus apapun tidak akan dapat tersampaikan dengan baik ke masyarakat apabila tidak diiringi dengan komunikasi bisnis yang baik. Dengan komunikasi bisnis yang baik, produk dapat dikemas sedemikian rupa, dan dipromosikan dengan cara yang menarik bagi masyarakat, sehingga masyarakat mengetahui keberadaan produk tersebut dan tertarik untuk membelinya.

Sejak awal kita terus membahas mengenai komunikasi bisnis. Apakah sebenarnya komunikasi bisnis itu? Pada dasarnya komunikasi bisnis sama dengan komunikasi yang biasa kita gunakan sehari-hari, namun komunikasi ini digunakan dalam dunia bisnis, baik secara verbal maupun nonverbal. Contoh dari komunikasi bisnis adalah cara mempresentasikan produk, cara menulis laporan dan brosur, cara bernegosiasi dengan rekan kerja dan klien, bahkan cara mengatasi masalah dengan konsumen. Oleh karena sangat jelas bahwa perusahaan akan menginginkan karyawan yang memiliki kemampuan komunikasi yang baik untuk dapat melakukan semua hal diatas dan hal lain demi kemajuan perusahaan.

Komunikasi bisnis dapat mempromosikan produk dengan baik melalui berbagai cara. Misalnya saja dengan pengemasan produk yang menarik, presentasi produk dengan menonjolkan manfaat yang dapat diterima oleh pembeli sehingga pembeli tertarik untuk membeli dan menggunakannya dengan asumsi produk tersebut dapat berguna baginya, dan bias juga dengan menyebarkan brosur dengan warna dan kata-kata yang menarik dan persuasif sehingga orang akan tertarik untuk membacanya dan pada akhirnya kemungkinan akan membeli produk tersebut.

Kembali lagi pada proses wawancara kerja. Komunikasi bisnis dalam bentuk apa yang dapat dilakukan agar perusahaan terkesan dengan kemampuan sang pelamar? Menurut Guffey, Mary Ellen, Kathleen Rhodes, and Patricia Rogin (2005) dalam bukunya yang berjudul Business Communication: Process and Product, 

penulis :
Irwanda Alpirianor
NIM : 143140807111023

www.tips-indonesia.com
www.outbuondindonesia.com
www.songa-rafting.com
www.rafting-pacet.com
www.raftingkasembonmalang.com
www.kaliwaturafting.com
www.raftingnoars.com
www.outboundraftingpacet.com
www.regulorafting.com
www.paintballsurabaya.com
www.tips-surabaya.com
www.ayamgorengnelongso.com

0 komentar:

Posting Komentar