Dalam operasional perusahaan komunikasi
pemasaran memiliki peran yang sangat penting, seperti yang disampaikan Philip
Kotler &Kevin Lane Killer dalam sebuah organisasi atau perusahaan
komunikasi pemasaran memiliki peranan memberikan informasi, membujuk,
mengingatkan konsumen – secara langsung maupun tidak langsung – tentang produk
dan merek yang dijual.
Komunikasi pemasaran melaksanakan banyak
fungsi kepada konsumen atau pasar sasaran terutama memberitahu dan
memperlihatkan bagaimana dan mengapa produk itu digunakan, siapa pasar
sasarannya, dimana dan kapan produk itu dapat diperoleh. Lingkungan komunikasi
pemasaran juga mengikuti perkembangan teknologi yang menyebabkan proses
komunikasinya juga mengalami perubahan. Seperti halnya akhir-akhir ini maraknya
perkembangan internat. Tentunya ini juga akan berpengaruh terhadap konsumen
dalam memperoleh informasi suatu produk.
Komunikasi pemasaran mampu membentuk ekuitas merek dan penjualan
produk. Memang dikatakan oleh Kotler & Keller, dalam
perkembangan lingkungan komunikasi pemasaran yang perubahannya sangat
cepat komunikasi pemasaran melalui iklan bukanlah satu-satunya atau bahkan yang
paling penting dalam membentuk ekuitas merek dan mendorong penjualan, namun
dengan melalui bauran komunikasi pemasaran yang dilaksanakan secara
terintegrasi dapat meningkatkan ekuitas dan mendoronga penjualan, bahkan dengan
meluasnya komunikasi ini dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
Bauran komunikasi pemasaran (marketing communication mix)
agar dapat mendorong efektifitas dan efisiensi komunikasi pemasaran terdiri
dari delapan model komunikasi utama (Kotler & Keller, 2009), antara
lain :
1. Iklan, yaitu semua
bentuk terbayar dari presentasi non personal dan promosi ide, barang atau jasa
melalui sponsor yang jelas.
2. Promosi penjualan, berbagai
insentif jangka pendek untuk mendorong percoba an atau pembelian produk atau
jasa.
3. Acara dan
pengalaman, kegiatan dan program yang
diseponsori perusahaan yang dirancang untuk menciptakan interaksi harian atau
interaksi yang berhubungan dengan merek tertentu.
4. Hubungan masyarakat
dan publisitas, beragam program yang dirancang
untuk mempromosikan atau melindungi citra perusahaan atau produk individunya.
5. Pemasaran langsung,penggunaan surat,
telepon, facsimile, e-mail, atau internet untuk berkomunikasi secara langsung
dengan atau memintan respons atau dialog dari pelanggan dan prospek tertentu.
6. Pemasaran
interaktif, kegiatan dan program online yang
dirancang untuk melibatkan pelanggan atau prospek secara langsung atau tidak
langsung meningkatkan kesadaran, memperbaiki citra, atau menciptakan penjualan
produk dan jasa.
Contohnya dalam
website resmi OutboundIndonesia, didalamnya selain menyampaikan informasi seputar produk
mereka juga menampilkan kegiatan outbound, testimony dari klien yang mereka
layani. Ini akan membuat citra mereka terbentuk dengan baik di mata public.
Sehingga jika mereka atau kenalan mereka menginginkan outbound, maka Outbound Indonesia yang sudah ada di
benak mereka.
7. Pemasaran dari mulut ke mulut, komuni kasi lisan, tertulis, dan
elektronik antar masyarakat yang berhubungan dengan keunggulan atau pengalaman
membeli atau menggunakan produk atau jasa.
8. Penjualan personel, interaksi tatap muka dengan satu atau
lebih pembeli prospektif untuk tujuan melakukan presentasi, menjawab pertayaan,
dan pengadaan pesanan.
Kerangka
dasar komunikasi pemasaran oleh perusahaan dapat dirahkan untuk mempengaruhi
konsumen terhadap gaya, dan harga produk, bentuk dan warna kemasan, sikap dan
cara berpakaian wiraniaga, dekorasi toko, sebagai bentuk komunikasi kepada
pembeli. Kotler & Keller (2009), mengambarkan unsur-unsur dalam
kerangka dasar komunikasi umum sebagai alat komunikasi antara pemasar dengan
pembeli. (shin)
Kerangka
Dasar Komunikasi (Kotler & Keller, 2009)
Media
|
Bentuk
Komunikasi
|
Iklan
|
Iklan
cetak dan tayanganKemasan luar
Sisipan kemasan
Film
Brosur dan buklet
Poster dan selebaran
Direktori
Cetak ulang iklan
Papan iklan
Tanda panjangan
Pajangan titik pembelian
Bahan audiovisual
Simbul dan logo
|
Promosi
Penjualan
|
Kontes,
permainan, undian, lotrePremi dan hadiah
Sampel
Bazar dan pameran dagang
Pameran
Demonstrasi
Kupon
Rabat
Pembiayaan berbunga rendah
Hiburan
Tunjangan pertukaran barang bekas
|
Acara
danPengalaman
|
OlahragaHiburan
Festival
Seni
Acara amal
Tur pabrik
Museum perusahaan
|
HubunganMasyarakat
dan
Publisitas
|
Peralatan
mediaPidato
Seminar
Laporan tahunan
Donasi amal
Publikasi
Hubungan komunitas
Lobi
Media indentitas
Majalah perusahaan
|
Pemasaran
Langsung danPemasaran Interaktif
|
KatalogSurat
Telemarketing
Belanja elektronik
Belanja TV
Surat faks
E-mail
Surat suara
Blog
Situs web
|
Pemasaran
dariMulut ke Mulut
|
Orang
ke orangChat room
Blog
|
Penjualan
Personal
|
Presentasi
penjualanRapat penjualan
Program insentif
Sampel
Bazar dan pameran dagang
|
Post by: Admin(Cindy Prasetyo Ningtias ->143140807111027)
Contact: 085753944997
Contact: 085753944997
0 komentar:
Posting Komentar