Komunikasi Bisnis – Komunikasi dalam Bisnis0
A. PENTINGNYA KOMUNIKASI
Masalah komunikasi adalah sangat penting,rasanya
tidak mungkin seseorang hidup tanpa berkomunikasi dengan orang lain,demikian
pula dengan organisasi bisnis,komunikasi adalah sumber kehidupannya. Seperti
dinyatakan, “Effective Communication is The Lifeblood of Every Organization and
a Key to Success In Your Business Career As Well As In Your Personal Life”
(Murphy and Peck,1980:3) Dikatakan bahwa komunikasi itu sangatlah penting, bila
tidak ada maka organisasi itu tidak akan berfungsi.
Semakin komplek organisasi maka semakin komplek
pula jalur-jalur komunikasi yang terdapat di dalamnya. Jalur Komunikasi
Internal yaitu komunikasi di dalam organisasi. Komunikasi Internal dapat
memotivasi para pegawai di dalam organisasi agar bekerja lebih efisien. Sedangkan
Komunikasi Eksternal diperlukan untuk berkomunikasi dengan orang-orang di luar
organisasi.
B. PENGERTIAN KOMUNIKASI
Komunikasi adalah suatu proses penyampaian dan
penerimaan pesan berupa berita dan informasi dari seseorang ke orang lain.
Suatu komunikasi yang tepat tidak bakal terjadi kalau tidak penyampaian berita
tadi menyampaikan secara patut dan penerima berita menerimanya dalam bentuk
distorsi. Distorsi dapat terjadi karena seseorang mempersepsi lain dari apa
yang dimaksudkan oleh pengirim informasi. Oleh sebab itu komunikasi ini sangat
erat hubungannya dengan persepsi.
C. PENERAPAN KOMUNIKASI DALAM
DUNIA BISNIS
Suatu perusahaan hanya akan merealisasikan
tujuannya jika setiap petugasnya berkerja secara effisien dan ada kerjasama
antara petugas yang satu dengan yang lain. Salah satu faktor yang memungkinkan
ialah adanya hubungan baik antara pimpinan dan bawahan. Cara-cara yang
dilakukan badan usaha antara lain pertemuan,berbicara melalui telepon,mengirim
email,berbicara langsung, pemberian laporan, pemberian petunjuk dan pemberian
perintah. Agar terdapat suatu hubungan yang baik maka cara-cara tersebut harus
terpelihara dengan baik.
Komunikasi secara garis besar terbagi menjadi
dua,yaitu Komunikasi kedalam dan Komunikasi keluar.
Komunikasi kedalam yang dimaksud adalah
sesuai dengan tujuan kepada siapa warta itu disampaikan. Dibedakan menjadi dua
yaitu Vertikal dan Horizontal, Komunikasi Vertikal yaitu proses penyampaian
dari pihak pimpinan ke pegawai dan sebaliknya. Masing-masing komunikasi
bertujuan untuk menjamin hubungan yang baik antara pimpinan dan bawahan dan
mengkoordinasi kegiatan bawahan itu agar tertuju kepada tujuan perusahaan.
Komunikasi keatas diwujudkan dalam bentuk penyampaian laporan-laporan.
Komunikasi keluar adalah antara pihak atasan dengan
pihak luar diwujudkan dengan telpon,berbicara langsung, atau dengan pengiriman
surat.
Proses Komunikasi :
Komunikator (Orang yang menyampaikan pesan)
Pesan (Isi Perintah, instruksi atau
pemberitahuan lain)
Saluran atau Channel (yang digunakan untuk menyampaikan
pesan)
Komunikan (Orang yang menerima pesan)
Efek (Pengaruh akibat hasil komunikasi yang
dilakukan komunikator terhadap komunikan)
D. KOMUNIKASI DALAM ORGANISASI
Ada tiga arah umum komunikasi dalam
berorganisasi yaitu :
Komunikasi Vertikal dari atas ke bawah
Komunikasi Vertikal dari bawah ke atas
Komunikasi Horizontal
Komunikasi yang pertama terjadi dalam menentukan
instruksi pekerjaan, Komunikasi yang kedua adalah berupa usulan dari bawahan,
kritik, dll. Komunikasi Horizontal dapat terjadi antara karyawan atau pejabat
setingkat yang dapat terjadi seperti dalam konferensi, ceramah dan pertemuan
informal.
Fungsi Komunikasi dalam Organisi yaitu
Integratif (Bertujuan untuk menjaga kesatuan individu serta bagian-bagian dalam
organisasi) dan Interaktif (menjaga pertukaran informasi pendapat dan sikap
agar individu atau bagian organisasi dapat mengadakan penyesuaian baik antar
sub sistem dalam organisasi ataupun dengan lingkungannya).
E. KOMUNIKASI DALAM BISNIS
Komunikasi dengan langganan
Dengan langganan atau konsumen pun harus dibina
komunikasi terus-menerus agar konsumen tidak lupa dengan produk perusahaan.
Suatu perusahaan baru bisa dikatakan sukses jika terbentuk pada dirinya sikap
“Patronage Buying Motive”, sikap dimana seseorang selalu ingin berbelanja ke
toko tertentu saja. Sikap ini dapat terjadi jika hubungan konsumen dan pemilik
toko terjalin dengan baik.
Komunikasi dengan lembaga pemerintah
Disini orang yang bergerak di bidang bisnis
haruslah mematuhi peraturan-peraturan yang telah disepakati oleh pemerintah.
Perusahaan juga berkomunikasi dengan cara mengisi lengkap dokumen-dokumen
yang ada, mematuhi segala peraturan,dan sebagainya.
Komunikasi dengan masyarakat
Perusahaan pasti hidup dan berada di tengah
masyarakat, antara keduanya pun haruslah terjadi komunikasi. Cara berkomunikasi
dengan masyarakat salah satu contohnya adalah saat masyarakat sedang merayakan
hari idul fitri,perusahaan dapat mendekorasi seluruh tokonya dengan nuansa idul
fitri guna menyambutnya, demikian pula dengan perayaan-perayaan lainnya.
F. KOMUNIKASI DALAM ADMINISTRASI
Komunikasi Administrasi adalah bentuk komunikasi
yang disampaikan dengan mempergunakan bahasa administrasi. Empat syarat materi
komunikasi yang harus dipenuhi agar proses komunikasi berjalan dengan effisien,
antara lain singkat,jelas,lengkap,dan tepat. Komunikasi administrasi pada
dasarnya adalah komunikasi tertulis,jadi kemampuan menulis komunikator pun
harus lah baik jika ingin komunikan mengerti apa yang ingin disampaikan oleh
komunikator.
Ciri – ciri khusus Komunikasi Administrasi :
Informasi harus berasal dari dan di peruntukan
bagi anggota organisasi sendiri
Informasi harus ada relevansinya dengan
pelaksanaan tugas dan tujuan organisasi
Informasi harus mendukung pelaksanaan tugas dan
tujuan organisasi
G. TEKNIK KOMUNIKASI BISNIS
Banyak cara dapat dilakukan dalam komunikasi
bisnis antara lain :
Mencetak bulletin, diterbitkan secara teratur,
yang memuat informasi tentang perusahaan, tentang produk baru yang sedang
dikerjakan atau berita umum yang bermanfaat bagi masyarakat.
Membuat film dokumenter, menyangkut proses
produksi, melalui televisi.
Publicity, dengan mengundang wartawan ke lokasi
perusahaan, lalu mengadakan wawancara tentang segala sesuatu mengenai
perusahaan.
Promosi
Adapun teknik yang dapat dipilih sebagai
berikut;
Asosiasi (Penyajian pesan komunikasi dengan cara
menumpangkannya pada suatu objek)
Integrasi (Kemampuan komunikator untuk
menyatukan diri secara komunikatif dengan komunikan)
Ganjaran (Kegiatan untuk mempengaruhi orang lain
dengan cara mengiming-ngimingkan hal yang mengntungkan)
Tataan (Upaya untuk menyusun pesan komunikasi
sedemikian rupa sehingga enak didengar)
Red-Herring (Seni seorang komunikator untuk
meraih kemenangan dalam perdebatan)
H. IKLAN SEBAGAI MEDIA
KOMUNIKASI BISNIS
Untuk dapat menjual hasil produksinya secara
luas kepada masyarakat konsumen yang tidak terbatas setiap pengusaha tentu
berusaha mempengaruhi jumlah permintaan akan barang-barang hasil produksi
perusahaannya dengan memanfaatkan faktor-faktor marketing mix yang harus
dikuasai setiap pengusaha meliputi unsur-unsur :
a.Perencanaan produksi
b.Penetuan merk dagang
c.Penentuan bentuk kemasan
d.Kebijaksanaan harga
e.Penyusunan saluran penjualan
f.Penjualan secara pribadi
g.Periklanan dan promosi
a.Perencanaan produksi
b.Penetuan merk dagang
c.Penentuan bentuk kemasan
d.Kebijaksanaan harga
e.Penyusunan saluran penjualan
f.Penjualan secara pribadi
g.Periklanan dan promosi
Unsur-unsur dari iklan :
– Informasi dan persuasi
– Informasi dikontrol
– Teridentifikasinya informasi
– Media komunikasi massa
– Informasi dan persuasi
– Informasi dikontrol
– Teridentifikasinya informasi
– Media komunikasi massa
Unsur komunikasi sebagai alat salah satu unsur
penting dalam pemasaran mempunyai beberapa bentuk kegiatan, misalnya :
a.Personal selling
b.Sales Promotion
c.Publisitas dan kehumasan
d.Iklan
a.Personal selling
b.Sales Promotion
c.Publisitas dan kehumasan
d.Iklan
Setiap iklan yang kita lihat tercetak disurat
kabar melibatkan minimal empat pihak yang saling menguntungkan. Pertama adalah
unsur si pengusaha dan produsen yang mempunyai kepentingan langsung dengan
barang atau jasa yang hendak dipasarkan. Kedua adalah unsur perusahaan
periklanan yang berhasil memperoleh penunjukan atau pengangkatan dari klien
untuk mewakili kepentingannya dalam mengiklankan produk atau jasa klien. Ketiga
adalah unsure kemlompok konsumen yang menjadi sasaran kegiatan pemasaran klien.
Keempat adalah unsure media yaitu sarana yang dianggap paling cepat, tepat dan
murah untuk dapat menyampaikan pesan iklan klien yang diciptakan oleh agency
untuk target audience yang dituju. Kelima adalah unsur pemerintah (Departemen
Penerangan dan Deprtemen Perdagangan).
Jadi unsur-unsur periklanan keterlibatannya
saling berkaitan adalah klien, agency, media dan pemerintah. Sedangkan
unsur-unsur iklan menurut Bovee yang dirincinya sebagai berikut :
a.To Inform d. Persuatif
b.Nonpersonal e. Sponsor
c.Media massa f. Tujuan
a.To Inform d. Persuatif
b.Nonpersonal e. Sponsor
c.Media massa f. Tujuan
Periklanan bisnis selain memberikan informasi
melalui media secara tertulis maupun lisan tetapi juga menempuh cara-cara yang
bersifat demostrasi seperti memperagakan produk secara langsung pada suatu
kesempatan. Iklan bisnis dapat terbagi atas :
– Iklan bisnis untuk industri
– Iklan bisnis dagang
– Iklan bisnis professional
– Iklan bisnis untuk industri
– Iklan bisnis dagang
– Iklan bisnis professional
Beberapa alasan mengapa pengusaha menggunakan
iklan untuk berkomunikasi dalam dunia usaha/bisnis.
1.Mendorong para pengusaha berproduksi massa dan membuat barang yang lebih baik karena timbulnya permintaan yang lebih banyak terhadap barang yag dibuatnya.
2.Mendorong penyalur dan penyebaran yang lebih cepat karena masyarakat konsumen dan para pengencer merasakan kebutuhan akan barang tersebut.
3.Meningkatkan penggunaan suatu barang atau jasa.
4.Mengumumkan adanya penawaran istimewa.
5.Memberitahukan perusahaan yang medukung pembuatan barang tersebut.
6.Mempengaruhi orang-orang yang dapat mempengaruhi calon-calon pembeli.
7.Untuk menghadapi persaingan.
8.Untuk bersaing mendapatkan tenaga kerja dan bahan baku.
9.Untuk menjual goodwill dan image
10.Untuk membuat suatu kelompok barang-barang sekeluarga mempunyai image yang sama.
1.Mendorong para pengusaha berproduksi massa dan membuat barang yang lebih baik karena timbulnya permintaan yang lebih banyak terhadap barang yag dibuatnya.
2.Mendorong penyalur dan penyebaran yang lebih cepat karena masyarakat konsumen dan para pengencer merasakan kebutuhan akan barang tersebut.
3.Meningkatkan penggunaan suatu barang atau jasa.
4.Mengumumkan adanya penawaran istimewa.
5.Memberitahukan perusahaan yang medukung pembuatan barang tersebut.
6.Mempengaruhi orang-orang yang dapat mempengaruhi calon-calon pembeli.
7.Untuk menghadapi persaingan.
8.Untuk bersaing mendapatkan tenaga kerja dan bahan baku.
9.Untuk menjual goodwill dan image
10.Untuk membuat suatu kelompok barang-barang sekeluarga mempunyai image yang sama.
Sumber
: http://elearning.gunadarma.ac.id/docmodul/komunikasi_bisnis/bab6-komunikasi_dalam_bisnis.pdf
Komunikasi bisnis adalah pertukaran gagasan, pendapat, informasi, instruksi
yang memiliki tujuan tertentu yang disajikan secara personal atau impersonal
melalui simbol – simbol atau sinyal. Dalam komunikasi bisnis terdapat
enam unsur pokok, yaitu:
Memiliki tujuan, artinya komunikasi bisnis harus
memiliki tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya sejalan dengan tujuan
organisasi.
Pertukaran, dalam hal ini melibatkan paling
tidak dua orang atau lebih yakni komunikator dan komunikan.
Gagasan, opini, informasi, instruksi merupakan
isi dari pesan yang bentuknya beragam tergantung tujuan, situasi, dan
kondisinya.
Menggunakan saluran personal atau impersonal
yang mungkin bersifat tatap muka, menggunakan media tertentu atau melalui media
yang menjangkau jutaan orang secara bersamaan.
Meggunakan simbol atau sinyal yang merupakan
alat atau metode yang dapat dimengerti atau dipahami oleh penerima untuk
menyampaikan pesan.
Pencapaian tujuan organisasi: salah satu
karakteristik yang membedakan organisasi atau lembaga formal dari informasi
adalah adanya tujuan yang telah ditetapkan sebelumnya oleh manajemen.
Komunikasi Organisasi dapat didefinisikan sebagai
pertunjukkan dan penafsiran pesan di antara unit-unit komunikasi yang merupakan
bagian suatu organisasi tertentu. Suatu organisasi terdiri dari dari unit-unit
komunikasi dalam hubungan hierarkis antara yang satu dengan lainnya dan
berfungsi dalam suatu lingkungan.
Komunikasi organisasi terjadi kapan pun,
setidak-tidaknya satu orang yang menduduki suatu jabatan dalam suatu organisasi
menafsirkan suatu pertunjukkan. Karena fokusnya adalah komunikasi di antara
anggota-anggota suatu organisasi. Analisi komunikasi organisasi menyangkut
penelaahan atas banyak transaksi yang terjadi secara simultan.
Di dalam komunikasi organisasi ada proses –
prosesnya yaitu :
Komunikasi Internal
Pertukaran gagasan di antara para administrator
dan karyawan dalam suatu perusahaan, dalam struktur lengkap yang khas disertai
pertukaran gagasan secara horisontal dan vertikal di dalam perusahaan, sehingga
pekerjaan berjalan [operasi dan manajemen]
Komunikasi Eksternal
Komunikasi antara pimpinan organisasi
[perusahaan] dengan khalayak audience di luar organisasi.
Komunikasi Administrasi adalah penyampaian pesan secara timbal balik diantara
anggota untuk menumbuhkan saling pengertian dalam rangka mencapai tujuan
organisasi secara effektif dan effisien.
1. Proses penggunaan lambang sekelompok orang /lebih
2. Komunikasi antar pesona
3. Sebagai proses / dilakukan dalam rangka kerjasama. “ Give and take” timbal balik / bilateral
4. Penggunaan lambang bersama – sama oleh anggota organisasi
5. Komunikasi yang bersifat internal
6. Komunikasi yang berorientasi pada tujuan organisasi yang efektif dan effisien
1. Proses penggunaan lambang sekelompok orang /lebih
2. Komunikasi antar pesona
3. Sebagai proses / dilakukan dalam rangka kerjasama. “ Give and take” timbal balik / bilateral
4. Penggunaan lambang bersama – sama oleh anggota organisasi
5. Komunikasi yang bersifat internal
6. Komunikasi yang berorientasi pada tujuan organisasi yang efektif dan effisien
Iklan untuk dapat menjual hasil produksinya secara luas kepada
masyarakat konsumen yang tidak terbatas setiap pengusaha tentu berusaha
mempengaruhi jumlah permintaan akan barang-barang hasil produksi perusahaannya
dengan memanfaatkan faktor-faktor marketing mix yang harus dikuasai setiap
pengusaha meliputi unsur-unsur :
o perencanaan produksi
o penentuan merek dagang
o penentuan bentuk kemasan
o kebijaksanaan harga
o penyusunan saluran penjualan
o penjualan secara pribadi
o periklanan dan promos
o perencanaan produksi
o penentuan merek dagang
o penentuan bentuk kemasan
o kebijaksanaan harga
o penyusunan saluran penjualan
o penjualan secara pribadi
o periklanan dan promos
Periklanan bisnis tersebut selain memberikan
informasi melalui media secara tertulis maupun lisan tetapi juga menempuh
cara-cara yang bersifat demontrasi seperti memperagakan produk secara langsung
pada suatu kesempatan. Iklan bisnis dapat terbagi atas:
1. Iklan bisnis industri
Yang dimaksud dengan iklan bisnis industri adalah iklan yang ditujukan kepada kalangan bisnis dan industri awan. Yang diharapkan dari kalangan tersebut ialah penggunaan secara langsung hasil suatu industri atau kemampuannya untuk mempengaruhi relasi bisnis atau industrinya untuk menggunakan produk tertentu.
Yang dimaksud dengan iklan bisnis industri adalah iklan yang ditujukan kepada kalangan bisnis dan industri awan. Yang diharapkan dari kalangan tersebut ialah penggunaan secara langsung hasil suatu industri atau kemampuannya untuk mempengaruhi relasi bisnis atau industrinya untuk menggunakan produk tertentu.
2. Iklan bisnis dagang
Iklan yang ditujukan kepada kalangan pedagang ( umumnya berupa pedagang kecil, pedagang keliling, pedagang eceran ) yang diharapkan dapat membeli langsung hasil produksi suatu industri kemudian dapat diperdagangkan lagi kepada relasinya apakah itu pedagang ataupun konsumen.
Iklan yang ditujukan kepada kalangan pedagang ( umumnya berupa pedagang kecil, pedagang keliling, pedagang eceran ) yang diharapkan dapat membeli langsung hasil produksi suatu industri kemudian dapat diperdagangkan lagi kepada relasinya apakah itu pedagang ataupun konsumen.
3. Iklan bisnis professional
Adalah yang ditujukan kepada kalangan profesional untuk memperkenalkan barang, jasa yang secara khusus hanya dipergunakan oleh kalangan tersebut. Yang dimaksud profesional adalah mereka yang bekerja berdasarkan suatu etik dan aturan-aturan serta norma-norma profesi tertentu. Misalnya guru, dosen, dokter, insiyur, akuntan, pengacara, ahli mesin, dan lain-lain.
Adalah yang ditujukan kepada kalangan profesional untuk memperkenalkan barang, jasa yang secara khusus hanya dipergunakan oleh kalangan tersebut. Yang dimaksud profesional adalah mereka yang bekerja berdasarkan suatu etik dan aturan-aturan serta norma-norma profesi tertentu. Misalnya guru, dosen, dokter, insiyur, akuntan, pengacara, ahli mesin, dan lain-lain.
Beberapa alasan utama mengapa para pengusaha
menggunakan iklan untuk berkomunikasi dalam dunia usaha / bisnis Disamping
untuk menjual barang atau jasa, periklanan juga membantu :
1.Mendorong para pengusaha berproduksi dan membuat barang yang lebih baik karena timbulnya permintaan yang lebih banyak terhadap barang yang dibuatnya.
2.Mendorong penyaluran dan penyebaran yang lebih cepat, karena masyarakat konsumen dan para pengecer merasakan kebutuhan akan barang tersebut
3. Meningkatkan penggunaan suatu barang atau jasa
4. Mengumumkan adanya penawaran istimewa.
5. Memberitahukan perusahaan yang mendukung pembuatan barang tersebut.
6. Mempengaruhi orang-orang yang dapat mempengaruhi calon-calon
pembeli Untuk menghadapi persaingan
1.Mendorong para pengusaha berproduksi dan membuat barang yang lebih baik karena timbulnya permintaan yang lebih banyak terhadap barang yang dibuatnya.
2.Mendorong penyaluran dan penyebaran yang lebih cepat, karena masyarakat konsumen dan para pengecer merasakan kebutuhan akan barang tersebut
3. Meningkatkan penggunaan suatu barang atau jasa
4. Mengumumkan adanya penawaran istimewa.
5. Memberitahukan perusahaan yang mendukung pembuatan barang tersebut.
6. Mempengaruhi orang-orang yang dapat mempengaruhi calon-calon
pembeli Untuk menghadapi persaingan
085790801972
Ilham Akbar Hasymi Mumtazi
Bagi kalian yang menyukai rafting terutama untuk
daerah mojokerto,bisa kunjungi www.rafting-pacet.com
www.tips-indonesia.com
www.outbuondindonesia.com
www.songa-rafting.com
www.rafting-pacet.com
www.raftingkasembonmalang.com
www.kaliwaturafting.com
www.raftingnoars.com
www.outboundraftingpacet.com
www.regulorafting.com
www.paintballsurabaya.com
www.tips-surabaya.com
www.ayamgorengnelongso.com
www.tips-indonesia.com
www.outbuondindonesia.com
www.songa-rafting.com
www.rafting-pacet.com
www.raftingkasembonmalang.com
www.kaliwaturafting.com
www.raftingnoars.com
www.outboundraftingpacet.com
www.regulorafting.com
www.paintballsurabaya.com
www.tips-surabaya.com
www.ayamgorengnelongso.com
0 komentar:
Posting Komentar